5 Manfaat Mainan Edukatif untuk Anak-anak

manfaat mainan edukatif

Apakah yang dimaksud dengan mainan edukatif?  Karena tak semua orang mengerti dan memahami pengertian dari mainan edukatif.  Selain mainan edukatif ada lagi yang kita kenal yaitu permainan edukatif.  Mainan dan permainan edukatif apakah memiliki arti yang sama?  Ataukah mainan dan permainan merupakan dua hal yang berbeda?

Pengertian dari mainan edukatif adalah segala bentuk media alat bantu yang berbentuk mainan yang bisa memberikan rangsangan atau stimulasi terhadap perkembangan anak mulai dari perkembangan fisik anak, perkembangan motorik kasar anak, perkembangan motorik halus anak, meningkatkan keberanian anak, meningkatkan kognitif atau kemampuan berpikir anak dan bisa mengembangkan kemampuan psikososial anak.  Itulah definisi singkat dari mainan edukatif.

Menurut Wikipedia mainan memiliki arti sendiri.  Pengertian mainan menurut Wikipedia yaitu sesuatu yang digunakan dalam permainan oleh anak-anak, orang dewasa ataupun binatang. Berbagai jenis benda dihasilkan untuk digunakan sebagai mainan, akan tetapi barang yang diproduksi untuk tujuan lain dapat pula digunakan sebagai mainan.

Perlu kita ketahui bahwa mainan selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman, sehingga dapat dikatakan bahwa mainan anak merupakan bisnis yang tidak mengenal kata henti dan akan selalu ada.  Berbagai jenis mainan sudah dibuat oleh manusia dan modelnya sangat beragam mengikuti zaman masing-masing

Wikipedia membagi jenis mainan ada 3 macam yaitu

1. Mainan edukatif
2. Mainan lucu
3. Mainan berteknologi.

Mainan edukatif memiliki banyak manfaat.  Menurut Dra. Mayke S Tedjasaputra, Msi menyebutkan beberapa manfaat dari mainan edukatif.  Berikut adalah uraian dari manfaat mainan edukatif tersebut dengan sedikit penyuntingan dan penambahan arti

1.  Merangsang daya konsentrasi anak

Dengan mainan edukatif maka tingkat konsentrasi anak bisa dilatih dan digali lebih dalam lagi.  Pemilihan model mainan edukatif yang tepat bisa memaksimalkan perkembangan dan kemampuan konsentrasi anak menjadi lebih fokus.  Sebagai contoh misalnya adalah mainan puzzle.  Mainan puzzle memerlukan konsentrasi yang penuh agar puzzle bisa tersusun dengan baik.  

2.  Mengasah kemampuan motorik kasar dan halus

Bagaimana hal ini bisa terjadi?  Kemampuan motorik halus anak bisa kita perhatikan pada saat anak menjemput  atau mengambil mainan edukatif yang dia punya.  Pada saat anak mengepal atau menggenggam mainan dengan baik maka sesungguhnya dia sedang melatih kemampuan motorik halus anak.

Untuk kemampuan motorik kasar anak dapat kita lihat dengan aktifitas anak ketika sedang bermain dengan mainan edukatifnya.  Misalnya adalah ketika anak harus melompat, menyundul bola, melempar bola atau menangkap bola maka hal tersebut sudah mengasah kemampuan motorik kasar yang dimiliki anak.

3.  Belajar akan sebab akibat

Mainan edukatif bisa mengenalkan akan sebab dan akibat.  Bagi anak-anak ini merupakan hal yang baru dan akan menjadi bahan eksplorasi dalam dirinya.  Sebagai contoh misalnya adalah ketika anak memasukkan sesuatu benda ke tempat yang lebih besar dari benda tersebut dan ternyata benda yang ia masukkan bisa masuk, maka hal ini adalah nilai positif yang anak dapatkan.  Begitu pula sebaliknya

4.  Melatih kemampuan bahasa dan pengetahuan anak

Mainan edukatif yang disertai dengan cerita akan mampu meningkatkan kemampuan bahasa dan kemampuan pengetahuan anak.  Anak-anak pasti akan suka meniru bahasa-bahasa baru yang baru didengarkannya.  Mainan edukatif yang menggunakan cerita maka dapat memenuhi dua hal tersebut yaitu meningkatkan kemampuan bahasa dan wawasan anak.

5.  Anak akan mengenal warna dan bentuk

Dengan mainan edukatif maka anak akan bisa belajar tentang warna dan bentuk.  Saat ini model dan bentuk mainan sangat beraneka ragam.  Pemilihan mainan edukatif yang tepat dapat meningkatkan kemampuan anak untuk mengenal warna dan bentuk suatu benda.

Mainan edukatif memiliki segudang manfaat untuk anak-anak.  Berikanlah mainan yang tepat dengan usia anak agar anak bisa terangsang kemampuannya sesuai dengan apa yang diuraikan di atas.  Orangtua hendaknya bijaksana dalam memberikan mainan kepada anak.  Pemilihan yang kurang tepat maka perkembangan anak akan kurang cepat berkembang.  Itulah beberapa manfaat mainan edukatif dan selamat bermain bersama anak-anak.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut: :

Chat WhatsApp Send SMS Call

Comment (0)

Post a Comment