Cara dan Tips Memilih Mainan yang Benar untuk Anak

mainan edukatif
Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan bermain.  Anak yang masih berusia di bawah 5 tahun masih sangat suka dan senang bermain yang menyenangkan.  Manfaat bermain sangat bagus untuk perkembangan anak. 

Karena dengan bermain kemampuan anak akan berkembang yaitu kemampuan motorik dan tingkat kecerdasan anak. Perkembangan anak ini akan bisa berkembang secara maksimal jika kita memberikan mainan pada anak dan sesuai dengan tingkat usia anak. Karena mainan edukatif memiliki peran yang signifikan dalam perkembangan anak maka pemilihan jenis mainan yang tepat harus dilakukan.  

Orangtua berkewajiban memilihkan mainan yang pas dan edukatif. Ada beberapa tips agar mainan yang dipilih sesuai dengan usia anak.

Berikut adalah cara dan tips memilih mainan untuk anak

1.  Pilih sesuai dengan usia anak

Para orangtua sebaiknya mengenali dengan baik perkembangan buah hati baik itu perkembangan dari sisi fisik dan perkembangan emosional anak. Manfaatnya adalah agar pemilihan mainan bisa tepat dan memberikan efek edukatif kepada anak.  Sebagai contoh misalnya bayi dalam tahap perkembangan awalnya adalah melatih koordinasi antara tangan dan mata, maka pemilihan mainan yang tepat yaitu memilih mainan yang bisa mudah dipegang oleh tangan bayi. Hal ini akan meningkatkan kemampuan motorik anak.

2.  Perhatikan kualitas mainan

Tips selanjutnya yaitu memperhatikan kualitas mainan anak dan jangan berlebihan dalam memberikan mainan kepada anak (dari segi kuantitas).  Jika mainan yang diberikan terlalu banyak maka akan memberikan efek anak akan kebingungan.  Jenis mainan banyak tapi jika tidak memberikan nilai stimulasi atau nilai edukatif maka hal tersebut akan mubadzir.

Mainan yang edukatif yaitu mainan yang bisa memberikan stimulasi kepada anak baik itu kemampuan motorik anak, daya kreatifitas anak dan kecerdasan anak.  Berikan mainan yang memiliki kualitas baik agar mainan awet dan aman untuk digunakan oleh anak.

3.  Jangan memberikan mainan murah dan palsu

Mainan yang memiliki kualitas bagus selain aman untuk anak juga memiliki nilai efektiftas yang baik.  Mainan yang baik dan berstandar akan memiliki fungsi yang sesuai dengan deskripsi produk sehingga tujuan dari mainan tersebut akan tercapai.  Sebagai contoh misalnya jika anak kita suka akan menggambar, maka dengan alat tulis atau cat air yang berkualitas, hasil dari gambaran juga akan bagus sehingga anak akan lebih bersemangat dalam menyalurkan minat dan bakatnya.  Berbeda jika alat yang digunakan merupakan barang tiruan dan berkualitas rendah, maka untuk menyesuaikannyapun anak akan sulit dan hasil dari kreasinya tidak akan bisa maksimal sehingga anak akan merasa tidak berbakat.

4.  Mampu meningkatkan daya kreatifitas anak

Mainan yang memiliki nilai edukatif adalah mainan yang bisa memberikan stimulasi atau rangsangan terhadap kreatifitas anak dan imajinasi anak.  Pilihlah mainan yang bisa mendukung dua hal ini agar anak bisa bermain aktif. Kreatifitas dan imajinasi merupakan dua hal penting dan itu harus distimulasi sejak anak usia dini.

5.  Faktor keselamatan atau safety

Berikanlah mainan yang sesuai dengan usia anak.  Biasanya dalam label disertakan petunjuk penggunaan dan kesesuaian usia anak.  Hindari mainan yang berbentuk runcing, bagian-bagian kecil agar anak tetap aman bermain. Ikutilah petunjuk keamanan dan saran yang dianjurkan oleh produsen mainan tersebut.

Cara dan tips memilih mainan yang tepat untuk anak akan menentukan hasil dari tujuan yang ingin dicapai. Pemilihan yang tepat diharapkan perkembangan anak akan bisa maksimal sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang berpribadi ceria, cerdas, ceria dan kreatif.  Sebagai orangtua sebaiknya bijaklah dalam memberikan mainan kepada anak dan jangan lupa perhatikan safety atau keselamatan adalah nomor satu. Berilah pengawasan ketika anak sedang bermain dengan mainannya.  

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut: :

Chat WhatsApp Send SMS Call

Comment (0)

Post a Comment