Cara Jual Mainan Edukatif dan Peluangnya

mainan edukatif
Apa ya bisnis yang saat ini menguntungkan namun tetap memberikan manfaat untuk para konsumen?  Jadi tidak hanya sekedar mencari untung saja akan tetapi usaha yang dijalankan tetap memberikan nilai positif untuk orang lain. Salah satu peluang yang bisa kita tangkap yaitu bisnis mainan edukatif untuk anak.

Bisnis usaha mainan edukatif memberikan peluang besar di masa sekarang. Alasannya adalah tingkat pendidikan dan pengetahuan para orang tua sudah mulai membaik sehingga kesadaran mereka akan pentingnya mainan edukatif untuk anak sudah mulai dipahami. Para orangtua sudah mulai memberikan stimulasi-stimulasi kepada anaknya dengan menggunakan media mainan edukatif.

Banyak sekali yang bisa didapatkan dengan memberikan mainan edukatif kepada anak.  Salah satunya yaitu dapat merangsang perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak serta mampu meningkatkan daya kreatifitas anak. Sehingga usaha bisnis mainan edukatif sangat berpeluang dan menghasilkan keuntungan.

Untuk saat ini model mainan edukatif anak sangat beragam dan bahan-bahan yang digunakan juga sangat bervariasi.  Semuanya digunakan untuk menarik perhatian para calon konsumen sehingga mereka mau membeli produk mainan edukatif tersebut. Terobosan-terobosan pembaharuan produk mainan edukatif selalu dilakukan para produsen agar produknya tetap laris manis di pasaran.

Bagi kita para penjual tentunya menjadi peluang yang besar untuk ikut bisnis usaha mainan edukatif. Sedangkan para konsumen akan dimanjakan dengan banyaknya jenis mainan sehingga harga yang ditawarkanpun akan kompetitif. Ini akan menjadi daya tarik sendiri untuk para konsumen.

Lantas, susahkah untuk jual mainan edukatif?  Jawabannya adalah tentu saja mudah untuk jual mainan edukatif.  Beberapa alasannya adalah teknologi informasi yang berkembang cepat terutama media sosial. Tentunya pemanfaatan media sosial sebagai sarana jual beli mainan edukatif bisa dimaksimalkan. Belum lagi dengan banyaknya marketplace yang bisa digunakan untuk menjual mainan edukaif kita.

Berikut adalah beberapa contoh mainan edukatif yang memiliki nilai jual dan banyak peminatnya

1.  Mainan edukatif puzzle

Siapa yang tak tahu dengan mainan edukatif puzzle.  Mainan ini memiliki banyak manfaat untuk menstimulasi anak-anak di masa usia dininya.  Puzzle merupakan mainan edukatif yang sangat menyenangkan.

Puzzle mengharuskan anak untuk menyusun gambar yang telah dibuat terpisah-pisah.  Penyusunan ini membutuhkan ketekunan dan daya imajinasi.  Jika bisa berhasil menyusun puzzle maka akan ada rasa gembira karena telah bisa menyelesaikannya dan membentuk suatu gambar atau pola. Jika bermain puzzle ditemani oleh orangtua maka hal ini dapat meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak. Berminat untuk jual mainan edukatif puzzle?

2.  Mainan anak-anak Lego

Siapa yang tak kenal dengan lego.  Banyak orang yang sudah jual mainan edukatif lego.  Mainan edukatif lego untuk saat ini masih menjadi mainan yang laris manis di pasaran.  Desain dan modelnya yang lucu-lucu akan membuat anak-anak suka memainkannya.

Lego merupakan permainan menyusun blok yang nantinya akan berbentuk suatu dimensi sesuai dengan imajinasi anak.  Ada yang berbentuk rumah, mobil, robot dan bentuk lainnya.  Bahkan untuk film lego juga sudah banyak yang beredar menjadi tontonan anak-anak.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bermain lego.  Karena jenisnya menyusun blok maka hal ini akan membantu dan mengembangkan kemampuan motorik kasar dan motorik halus anak.  Jual lego untuk saat ini masih prospek dan memberikan keuntungan yang besar.

3.  Mainan edukatif kartu atau flashcard

Mainan flashcard terbagi menjadi 2 yaitu kartu bilangan dan kartu huruf.  Saat ini jenis mainan ini yang masih booming yaitu mainan edukatif Abaca Flashcard. Dilihat dari sample produknya, abaca flashcard sangat bagus diberikan kepada anak-anak. Karena bisa digunakan untuk menstimulasi agar anak cepat mengenal huruf ataupun bilangan.

Dalam memainkan kartu bilangan atau kartu huruf harus dengan melibatkan peran orangtua.  Untuk Abaca flashcard sendiri agar menarik untuk anak-anak maka disertakan game dalam pengenalan bilangan dan huruf. Karena konsep yang digunakan adalah sambil bermain maka secara tidak langsung anak sudah 
belajar mengenal angka dan huruf.  Berminat untuk jual kartu Abaca?

4.  Mainan edukatif menyusun menara warna-warni

Permainan ini juga masih banyak yang jual.  Dari segi tampilan mainan ini memang cenderung lebih sederhana dan untuk memainkannyapun juga lebih mudah.  Dimensi dari produk ini ada yang berbentuk segi empat ataupun berbentuk bulat seperti donat.

Cara memainkannya juga mudah.  Anak-anak cukup menyusun dari yang besar hingga yang kecil.  Bila sudah tersusun dengan benar maka akan membentuk sebuah menara yang cantik karena kombinasi warnanya yang beragam.  Mainan ini juga masih bagus dan layak untuk kita jual sebagai mainan edukatif.

Cara dan tips menjual mainan edukatif yang efektif

Untuk berhasil jual mainan edukatif maka diperlukan langkah-langkah khusus sebagai persiapan.  Setelah itu dilanjutkan dengan strategi pemasaran yang menjual agar produk mainan edukatif bisa laris manis di pasaran. Tahap berikutnya yaitu membuat manajemen yang bagus agar usaha yang dijalankan bisa berkembang dengan baik.

Berikut adalah tips dan cara jual mainan edukatif

1.  Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat survey terlebih dahulu.  Survey yang dilakukan diantaranya adalah tren produk dan model mainan yang sedang diminati konsumen.
2.  Membuat target pasar atau target konsumen dari usaha mainan edukasi. Pangsa pasar yang paling prospek yaitu orangtua yang baru memiliki anak kecil.
3.  Langkah berikutnya yaitu memilih lokasi penjualan yang strategis.  Tempat yang strategis yaitu tempat yang banyak anak-anak atau lingkungan sekolah paud dan TK
4.  Pintar dan selektif dalam mencari suplier mainan edukatif.  Suplier akan menentukan harga beli dan harga jual serta kualitas dari mainan edukasi yang akan kita jual.  Pilihlah suplier yang bisa diajak kerjasama dengan baik.
5.  Membuat market online atau toko online.  Hal ini sebagai tambahan strategi pemasaran agar toko yang kita pakai bisa dikenal oleh banyak orang.

Menentukan mainan edukasi yang akan dijual

Ini merupakan langkah penting dalam menentukan produk mainan edukatif. Hal ini dibutuhkan karena jenis mainan edukatif itu sangat banyak jenisnya.  Jika kita kuat dalam permodalan tentunya hal ini tidak akan menjadi kendala dalam menjual mainan edukasi

Berikut tips dan caranya
1.  Pilihlah mainan edukasi yang memiliki kualitas baik
2. Pilihlah mainan yang memiliki daya tarik sendiri, misalnya dari warnanya yang cerah sehingga akan menarik perhatian anak-anak.
3.  Pilihlah mainan yang memiliki harga yang terjangkau oleh semua kalangan agar konsumen bisa memilih
4.  Pilihlah mainan edukasi sesuai dengan usia anak-anak.  Usia anak-anak itu beragam dan jenis mainan yang dimainkannyapun juga akan berbeda-beda sesuai dengan usianya

Cara menjual dan memasarkan mainan edukatif

Selain toko offline yang strategis, pemanfaatan dunia maya juga harus dilakukan.   Langkah-langkah dalam menjual

1.  Buatlah toko offline dengan tampilan yang menarik.  Siapkan banner-banner agar banyak yang melihat
2. Memanfaatkan market place untuk menjual produk.  Beberapa marketplace yang bisa digunakan dan gratis
a. Marketplace seperti tokopedia, bukalapak, kaskus, shopee dan lain sebagainya.
b. Menggunakan media sosial.  Media sosial harus dimaksimalkan agar penjualan mainan edukatif bisa meluas
c.  Membuat toko online sendiri.

Dan masih banyak lagi strategi pemasaran lainnya yang bisa kita gunakan agar jual mainan edukatif bisa laris manis.  Untuk langkah terakhir yang harus kita terapkan yaitu banyak berinfak dan bersedekah serta banyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Hindari penggunaan jimat agar bisnis bisa berkah.

Itulah beberapa tips cara menjual mainan edukatif yang sedang tren.  Mainan edukatif bisa untuk anak mulai usia 1,2,3,4,5,6 tahun.  Jadi jangan tunggu lama lagi, segera ambil keputusan untuk jual mainan edukasi.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut: :

Chat WhatsApp Send SMS Call

Comment (0)

Post a Comment